Eksotisme Malam bersama Tahu Tek di Kota Mojokerto

0
49

Mojokerto, Siapa yang tidak kenal dengan makanan satu ini? Bagi orang Jawa Timur, makanan ini tidak asing ditelinga. Namun bagi masyarakat diluar jawa timur, nama tahu tek sangat asing. Bahkan bagi saya sendiri nama tahu tek sangat asing jika saya tidak pernah tinggal di jawa timur khususnya Mojokerto.

Kebetulan istri saya kelahiran mojokerto, jadi setiap pulang kampung saya sempatkan makan tahu tek di depan perumahan Japan Raya, Sooko. Ditempat ini ada sekitar 3 sampai 4 pedagang Tahu tek yang endess banget.

Makanan yang dijajakan pada malam hari ini memang cocok buat perut yang keroncongan dan tidak membuat pegah, kalau bahasa gahulnya, balance. Heheheh. Yaps, berbahan dasar Tahu, telor dan petes makanan ini sangat digemari.

Nah cara penyajiannya pun cukup unik, kacang, petis, cabai dan beberapa bahan untuk sambal dijadikan satu lalu di ulek dengan layah yg berbentuk cekung. Disamping itu, tahu digoreng dengan telur hingga matang. Nah setelah semuanya siap, sebagai pelengkap menu tahu tek dimakan dengan lontong yang telah diiris sesuai selera.

Beberapa orang berpendapat, yang membuat tahu tek ini nagih adalah rasa petis udangnya. Tak sedikit juga karena tahu nya yang khas. Tapi kalau yang saya suka dari Tahu tek itu ya semuanya, bagaimana nggk? Sambalnya ini rasanya unik bro, ulekan petis ikan, kacang tanah, bawang, cabai dan sedikit kecap ini yang membuat saya berliur, pada dasarnya juga saya suka dengan tahu dan telor dadar, nah pas banget kalau dicampur. Asoyylah rasanya.

Kakak ipar saya Titin Zulianti yang asli Mojokerto mengatakan “kunci dari Tahu Tek adalah petis nya, pembuat tahu tek itu harus bisa memilih petis yang bagus, dan cocok buat sambal tahu tek”, Ada petis udang yang memang enak buat tahu tek dan ada yang tidak cocok buat bahan sambal tahu tek. Beliau melanjutkan “petis udang yang bagus belum tentu cocok buat tahu tek, jadi pembuat tahu tek harus jeli.”

Pokoknya kalian harus nyoba gaes, jika kalian berkunjung ke mojokerto atau beberapa wilayah jawa timur lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here