4 Desa Wisata Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Di Lombok Tengah

0
60
Tanjung Aan merupakan Salah satu keindahan alam di Lombok Tengah via instagram.com/maribethjenita/

Siapa sih yang nggak kenal pulau Lombok? Yang nggak kenal pikniknya terlalu jauh kali ya. pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini menawarkan eksotisme wisata sangat mengagumkan. Nah kali ini kita nggk usah jauh-jauh dulu ngobrolin tempat wisata yang seabrek abrek di pulau ini. Kita obrolin wisata di salah satu Kabupaten di pulau ini dulu ya.

Lombok Tengah salah satu tujuan wisata unggulan, yang memiliki beragam daya tarik. Selain pantai dengan pasir putih nya, travelers juga wajib mengunjungi desa-desa wisata yang tak jauh dari Bandara Udara Internasional Lombok. Nah berikut 4 Desa wisata yang wajib kamu kunjungi.

1. Desa Sukarara

Image via destinasilomboktengah.wordpress.com

Sekitar 10 menit dari Bandara, desa sukarara ini terletak di desa Sukarara, kecamatan Jonggat. Desa ini terkenal kain tenun nya dan sekitar 2500 an orang di desa ini adalah seorang penenun yang semuanya perempuan.

Nah beberapa kain tenun di desa ini memiliki nama dan filosofinya tersendiri serta fungsi yang berbeda-beda seperti kain tenun keker, subhanle dan bulan bergantung. Hal unik lain adalah seluruh perempuan di desa ini bisa menenun dan seperti sebuah kewajiban seorang perempuan yang belum bisa menenun tidak diperbolehkan menikah.

 

2. Desa wisata Nde

Terletak di desa Sengkol, kecamatan Pujut, dan memiliki jarak tempuh dari bandara Lombok sekitar 15 menitan, hal unik yang ada di desa ini adalah ritual Warige, apa itu ritual Warige? Tanya mbah google yak… hahahah… secara garis besar ritual  Warige itu adalah ilmu perbintangan kuno yang dijadikan pedoman untuk menentukan nama dan sifat tahun dan ilmu ini juga dijadikan sebagai acuan dalam menata kehidupan sosial, mengelola mata pencaharian dan sebagai sarana mempererat dan memperkuat hubungan dengan sang pencipta, dengan manusia dan dengan alam semesta serta makhluk ciptaan lainnya. Ritual Warige ini biasa digelar pada bulan Mei tiap tahunnya jadi catatan buat travelers ya kalau mau ke Desa Nde.

 

3. Desa wisata Sade

Satu kecamatan dengan Desa Nde yaitu kecamatan Pujut namun beda nya Desa Sade terletak di Desa Rembitan, banyak hal unik di desa ini dari bangunannya sampai kehidupan sosial nya mungkin sedikit review dari Desa Sade bisa diklik di sini.

Jarak tempuh pun tak beda jauh dari badara lombok, ya sekitar 20 menitan. Mirip banget sebenarnya dengan desa wisata Nde baik dari bangunan dan kehidupan sosialnya cuma perbedaan mendasar di desa Sade tidak menerapkan ritual warige.

 

4. Desa wisata Bonjeruk

Nah yang keempat ini adalah salah satu desa tertua di Kabupaten Lombok Tengah. Desa Bonjeruk ini merupakan desa wisata yang berbasis kesejarahan, pasalnya rumah-rumah atau bangunan yang ada di desa ini merupakan bangunan peninggalan masa penjajahan Belanda. Desa ini memiliki kekayaan budaya seperti kesenian gendang beleq, kesenian wayang, rudat dan lainnya. Oh iya jarak tempuh dari bandara Lombok sekitar 30 menit.\

Catat ya guys 4 desa wisata ini menurut kemanakita.id sangat di rekomendasikan buat di kunjungi. Dan ingat Indonesia itu lebih indah dari Negara manapun. Salam travelers

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here