Tuk Mudal Destinasi Desa Cempaka Bumijawa Tegal

0
83
Wisata Tuk Mudal via Pantura Post

Tegal: Desa Cempaka, kecamatan Bumijawa, kabupaten Tegal terletak kurang lebih 32 kilometer ke selatan dari Ibu Kota Slawi sebagai Ibu Kota kabupaten Tegal. Letaknya di kaki gunung  bagian barat, merupakan desa di kabupaten Tegal yang berbatasan dengan kabupaten Brebes. Desa ini masih sangat alami karena didominasi oleh persawahan dan perbukitan. Desa Cempaka mendapat julukan “Kampung Bambu” dan dijadikan  desa wisata pada awal tahun 2017.

Di desa Cempaka ini ada salah satu tempat indah yaitu Telaga Mudal. Oleh penduduk desa Cempaka disebut “Tuk Mudal”. Tuk Mudal terletak di tengah-tengah desa, dengan luas kurang lebih 2500 m2, Tuk Mudal menjadi sumber pengairan untuk persawahan warga disekitar telaga. Untuk memasuki Tuk Mudal sangatlah mudah, dari arah kota Slawi ke selatan arah jalan ke wisata air panas Guci. Sesampainya di desa Tuwel ada pertigaan ambil arah kanan kurang lebih 15 kilometer, setelah sampai di desa Cempaka, carilah gerbang yang bertuliskan “MUDAL CAHAYA”, lalu masuk kekanan kurang lebih 300 meter dari jalan utama.

Foto via Instagram/teguh_juple

Air dari Tuk Mudal sangatlah jernih seolah mengajak anda untuk mencari ketenangan sejenak dari hiruk pikuk kehidupan atau hanya sekedar duduk-duduk di pinggiran telaga sembari berfoto ria bersama keluarga. Penulis sarankan, datanglah pada hari Minggu, karena pada hari Minggu terdapat pasar Slumpring yang menyediakan aneka kuliner seperti makanan dan minuman  khas desa Cempaka Bumijawa. Sungguh asyik menikmati makanan khas desa Cempaka dan minum the poci hangat di pinggir telaga.

Pasar slumpring via instagram/ihzaamu_valiente

Selain destinasi telaga Mudal ada juga destinasi lain, seperti Bukit Bulak Cempaka, yaitu destinasi bukit pemandangan yang sangat indah, bukit diatas awan dengan destinasi perkemahan di puncak bukit ataupun melihat pembuatan aneka kerajinan dari bambu.

Monggo ke Tuk Mudal 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here