Agrowisata di Lereng Gunung Merapi

0
27

Sleman: Bagi kamu terutama warga Jogjakarta, kali ini kamu wajib mengunjungi satu destinasi agrowisata yang merupakan tempat produksi, edukasi, dan wisata buah naga. Tepatnya di Jl. Km 18, Pakembinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Kebun buah naga seluas 5 ha ini sengaja didesain oleh sang pemilik yaitu Pak Gunung Soetopo menjadi tempat yang multifungsi. Di sana kita bisa belajar membatik, belajar ilmu pertanahan, belajar ilmu buah-buahan terutama buah naga, belajar berbisnis, sekaligus bonusnya menikmati hidangan buah naga yang telah diolah menjadi berbagai olahan yang bervariasi. Dan jika kamu beruntung kamui dapat belajar bareng anak-anak dari luar negeri yang kebetulan sedang belajar di sana juga.

Destinasi wisata ini keliatannya memang belum terkenal dikalangan masyarakat awam namun ternyata sudah ribuan orang yang berkunjung ke surga buah naga di  bawah lereng Merapi ini.

Sudah ada sekitar 14.000 pengunjung per tahun dengan berbagai kepentingan baik dari dalam maupun luar negeri,” tutur Pak Gun dalam sebuah pertemuan saat kami berkunjung ke lokasi tersebut.

Pengunjung yang dating diantaranya ada yang ingin belajar ilmu bercocok-tanam maupun berbisnis atau yang hanya sekedar berwisata untuk mengusir penat.

Dalam kesempatan yang sama, beliau mengatakan sebuah fakta menarik bahwa ternyata nih teman-teman, bunga pohon buah naga hanya akan mekar di malam hari dan dikala matahari terbit mereka akan menguncupkan kembali mahkota indahnya. Bunganya yang berwarna putih akan terlihat laksana gugusan bintang yang jatuh di lapangan luas jika kita bidik dari arah langit. Warna yang putih cerah seakan memberi efek kemerlip cantik luar biasa. Namun sayangnya, pengunjung belum diperbolehkan untuk mengunjungi lokasi di malam hari dikarenakan kondisi yang belum memungkinkan.

Oiya gaess, kalo kamu ingin mendapatkan view buah naga yang sudah memerah sembari berfoto ria di antara ribuan pohonnya yang tidak rindang, kamu bisa berkunjung di bulan November-April disaat musim panen. Selain itu, kamu juga bisa belajar melakukan pengolahan makanan dari bahan dasar buah naga. Dan satu lagi penawaran yang paling menggiurkan jika kamu berkenan berkunjung ke kebun buah naga tersebut adalah kamumendapatkan kesempatan besar untuk bisa berkeliling Eropa bersama sang pemilik Bapak Gun. (Nur Saangidah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here