5 Buah Endemik Ini Harus Dicoba Saat Kalian Berada Di Kalimantan

0
82

Kalimantan merupakan pulau terbesar di Negara kita, Indonesia. Pulau ini dihuni oleh beragam suku, diantaranya Dayak, Kutai, Banjar, Bajau, Melayu bahkan Jawa dan China pun ada di pulau ini. Nah keberagaman suku ini menjadi salah satu hal menarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke pulau ini.

Tak mau kalah dengan keberagaman sukunya, hasil hutannya pun wajib kita tahu dan kita cicipi karena buah-buah asli hutan tropis kalimantan ini tidak ada di daerah lain, berikut 5 buah asli kalimantan yang wajib kita cicipi :

 

1. Pekawai

Buah satu ini bisa disebut durian hutan, kenapa bisa begitu? Karena dari fisiknya saja buah ini mirip banget dengan buah durian yang biasa dimakan para durian holic. Yang membedakannya adalah bekawai atau durian hutan ini tidak berbau tajam dan menyengat namun cenderung berbau wangi yang khas namun tidak tajam. Daging buahnya berwarna kuning dan orange strukturnya mirip dengan durian dan rasanya pun menurut saya mirip dengan durian namun sedikit ada khas yang saya tidak bisa menjelaskan dengan kata, cukup temen-temen nyoba aja saat berkunjung di Kalimantan.

 

2. Lengkeng Hutang

Kalau sering makan kelengkeng, nah maka bisa dibayangkan ya dari bentuk dan rasanya. Bedanya lengkeng hutan kulitnya keras bergerigi dan butuh ekstra tenaga untuk mengupasnya. Rasanya mirip dengan kelengkeng namun tidak begitu manis, daging buahnya juga tidak begitu tebal dan tidak tipis. Didaerah kalimantan timur buah ini sering disebut Ihau dan ada juga yang menyebutnya duku.

 

3. Tampoi

Saya tidak bisa jelasin dengan kata-kata cukup kalian liat pada gambar saja. Tampoi ini memiliki rasa kecut manis seratnya mirip dengan manggis namun tidak berbiji, dan warnanya ada yang kuning dan putih, berkulit tebal namun rapuh atau gampang di buka. Warna kulit luarnya mirip dengan kentang. Dibeberapa daerah kalimantan menyebutnya dengan buah kapul dan buah ini memiliki nama ilmiah baccaurea macrocarpa.

 

4. Belimbing Darah

Buah endemik borneo satu ini berbentuk seperti bentuk hati atau kuncup bunga, karena warna merahnya buah ini disebut belimbing darah. Rasanyapun sangat unik asam asam tapi manis dengan buahnya yang putih.

Dibeberapa daerah kulit dari belimbing darang ini biasa untuk camilan seperti dodol atau olahan lainnya, juga dipercaya sebagai obat tradisional karena kandungan vitamin c protein dan serat yang cukup baik.

 

5. Rambai

Kalau rasa dan bentuk dari buah rambai mirip banget dengan kokosan yang biasa makannya disedot. Rasa asamnya mirip banget. Sebenarnya saya sendiri tidak bisa membedakannya antara kokosan dengan rambai.

Para pedagang membantah kalau rambai beda dengan kokosan apalagi langsat, beda banget ujarnya. Disebut rambai karena buahnya merambai setiap kelmpok buah terdapat beberapa tangkai yang kira-kira panjangnya sekitr 20 cm nah disetiap tangka ada beberapa buah, maka dari itu disebut buah rambai. Beda dengan kokosan atau duku.

Sebenarnya bukan hanya lima buah hutan yang mesti dicoba, selain itu ada nyalen, asam keranji, salak hutan, matoa, dan masih banyak lagi kekayaan Kalimantan yang perlu kita ketahui dan wajib kita lestarikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here