Gedong Songo, Candi Gunung Yang Melegenda

0
116
keindahan candi gedong songo pada malam hari (source: instagram.com/piknik_cerdas/)

Semarang: Halloo guys bertemu lagi dengan saya Lailatul Mubarokah. Kali ini aku akan mengajak jalan-jalan ke destinasi candi yang juga menyuguhkan keindahan alam yang melegenda Candi Gedong Songo. Candi ini terletak di desa Candi, kecamatan Bandungan, kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kompleks Candi Gedong Songo berjarak sekitar 45 Km dari Kota Semarang, dan 15 km dari Ambarawa. Pemilihan lokasi pembangunan candi di ketinggian lereng gunung pada zaman dahulu ini pasti ada alasannya looh. Penasaran?

Yuuk kita bahas… Candi Gedong Songo merupakan candi Hindu awal. Disebut Candi Gedong Songo karena Candi ini berjumlah 9 (yang dalam bahasa Jawa, angka 9 disebut: Songo). Konsep bangunannya adalah berderet-deret dari bawah hingga atas bukit. Mulai dari dasar disebut Candi Gedong I, ke atas bukit Candi Gedong II, ke atas lagi Candi Gedong III, dan seterusnya. Konsep ini menunjukkan kepercayaan yang dianut masyarakat pada zaman dahulu.

Keindahan lanscape Candi Gedong Songo (source: http://tempatwisatadipulaujawa.blogspot.com)

Mereka percaya bahwa semakin tinggi suatu tempat maka tempat tersebut semakin suci serta tempat yang tinggi dipercaya menjadi tempat tinggal para dewa. Berhubung Candi Gedong Songo merupakan candi pemujaan umat Hindu kepada para dewa, maka dengan dibangunnya candi di tempat tinggi seperti bukit diharapkan dewa akan bersemayam di tempat itu.

Arsitektur bangunan candi memiliki ciri khas arsitektur candi langgam Jawa Tengah yakni memiliki atap berundak-undak, berhiaskan kala makara di gawang dan relung pintu, terletak di tengah halaman, dan mempunyai ruang utama di tengah bangunan.

Eksotisme pemandangan di sekitar Candi Gedong Songo (Source: @adi_mrizal)

Secara vertikal Candi Gedong Songo terdiri dari tiga bagian yaitu kaki, tubuh, dan atap bangunan. Karena candi ini dibangun berderet-deret dari bawah hingga atas, maka untuk mencapai bangunan candi,  kita harus berjalan kaki mengikuti jalur yang ada, guys… Jangan lupa membawa bekal minuman dan makanan ringan yaa, karena perjalanan cukup melelahkan.

Ini cocok juga untuk yang mempunyai program diet, sembari berwisata sekalian bisa berolahraga, jalan sehat. Hehe. Bagi yang tidak kuat naik ke puncak Candi, bisa menyewa Kuda kok, dengan didampingi pawangnya.

Penulis Foto di salah satu candi bersama murid-murid

Karena terletak di kawasan pegunungan, maka udara di sekitar candi sangat sejuk dan segar, bahkan diwaktu-waktu tertentu terbilang dingin. Berjalan kaki menyusuri jalan berbatu dengan rute naik turun akan menjadi hal yang menyenangkan lhoo guys…

Di sepanjang jalan, kita bisa menikmati hijaunya hutan pinus berhiaskan permadani bunga liar yang indah. dari satu candi ke candi lainnya bervariasi, ada yang jauh ada yang dekat. Jika merasa lelah di perjalanan, kita bisa beristirahat di gazebo-gazebo yang ada. Di setiap perjalanan dari Candi satu ke candi yang lainnya juga disediakan kamar mandi kecil.

Foto bersama di depan Gedong Songo

Buat kalian pecinta arsitektur kuno, Candi Gedong Songo harus masuk dalam wish listmu.. Perpaduan bangunan candi, hutan yang rimbun, serta landscape pegunungan menjadikan tempat ini sangat instagramable lhoh… Dari kompleks bangunan tertinggi alias candi ke 5, kamu bisa melihat deretan gunung Merbabu, Andong, Telomoyo, dan juga Rawa Pening.

It’s Amazing….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here