Bledug Kuwu, Destinasi Unik Grobogan

0
62

Grobogan: Apa kabar guys? Semoga sehat selalu yaa.. Kali ini aku akan mengajak kalian ke destinasi wisata yang unik di Grobogan. “BLEDUG KUWU” namanya. Nama Bledug Kuwu diambil dari kata Bledug dan Kuwu. Bledug yang berasal dari bahasa jawa memiliki arti letupan, karena setiap kali meletup mengeluarkan bunyi “Bledug-Bledug”.

Sedangkan Kuwu adalah nama desa tempat kawah lumpur tersebut berada. Ada beberapa kawah di Bledug Kuwu. Kawah yang terbesar dinamakan Kwah Jaka Tuwa yang berada di sisi sebelah timur dan kawah yang terkecil dinamakan Kawah Rara Denok yang terletak disisi barat. Kawasan wisata yang secara geografis terletak di dataran rendah bersuhu 28-36° Celcius ini menyajikan letupan gelembung lumpur raksasa yang mengeluarkan percikan air dan garam.

Bledug Kuwu telah ada ratusan tahun yang lalu. Destinasi wisata ini terletak di desa Kuwu Kecamatan Kradeanan 28 km dari Kota Purwodadi Grobogan menuju ke Kota Blora Jawa tengah, Bledug Kuwu menyimpan legenda yang penuh misteri dan menyimpan kekayaan alam bagi warga sekitar.

Bledug kuwu adalah destinasi wisata yang luasnya kurang lebih 45 hektar. Kawasan tanah lumpur ini disertai dengan letupan-letupan yang bervariasi antara 1 meter hingga 10 meter tingginya. Kok bisa yaa?hehe Letupan-letupan itu bukan berasal dari magma bumi atau effect dari kwah vulkanik lhoo guys… Dugaan peristiwa ini adalah proses kimiawi dari gas bumi dan air laut, ini dibuktikan air disekitar letupan-letupan lumpur mengandung garam. Padahal letaknya sendiri jauh dari laut. Oh yaa, letupan-letupan ini tidak panas.

Karena adanya kandungan garam di airnya, bisa untuk mengais rezeki masyarakat sekitar. Masyarakat memanfaatkannya menjadikan garam dengan cara tradisional dengan cara mengeringkan di bilah-bilah bambu. Konon garam dari bledug Kuwu digunakan untuk bumbu semua makanan yang disajikan di Keraton Kasunanan Surakarta. Dan di percaya lumpur Bledug Kuwu bila digunakan sebagai lulur akan bermanfaat sebagai pencegah penyakit kulit dan menghaluskan kulit. Apabila kalian menginginkan lumpur Bledug Kuwu yang dipercaya banyak khasiatnya untuk dibawa pulang, jangan khawatir…. disekitar obyek wisata banyak dijual lumpur serta air dari Bledug Kuwu yang dikemas dalam botol-botol bekas air mineral.

Pada suatu kesempatan, dalam perjalanan pulang dari Blora, bersama rekan-rekan guru, penulis mengunjungi obyek wisata Bledug Kuwu. Pada saat itu, sedang musim kemarau. Karena cuaca panas, penulis dan rekan-rekan menyewa payung sembari berjalan-jalan melihat keunikan Bledug Kuwu. Sayangnya, destinasi wisata unik Grobogan ini kurang terawat. Masih banyak sampah yang berserakan serta beberapa gazebo telah rusak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here