Indonesian Railways Museum, Kamu Harus Coba Kesini

0
181
Penulis berada di satu kereta yang dimuseumkan

Ambarawa: Haii guys, kali ini mimin akan mengajak jalan-jalan ke Museum Kereta Api Indonesia (Indonesian Railway Station). Museum yang berada di Ambarawa, Jawa Tengah ini pada awalnya adalah sebuah stasiun yang bernama Stasiun Willem I. Stasiun Willem I dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda pada tanggal 21 Mei 1873. Pada masa pengoperasiannya, Stasiun Willem I digunakan sebagai sarana transportasi militer di sekitar Jawa Tengah.

Setelah tidak beroperasi lagi, pada tanggal 8 April 1976, Stasiun Willem I atau dikenal dengan sebutan Stasiun Ambarawa, diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah Supardjo Rustam sebagai Museum Kereta Api Ambarawa. Museum ini sangat luas, meliputi Area Dipo, Turn Table, Ruang Aula, Loket, Koleksi Lok Uap, Stasuin, dan Halte.

Museum ini buka Setiap Senin s/d Minggu pukul 08.00-17.00 WIB dengan Harga tiket masuk Anak-anak (3-12 tahun) dan pelajar Rp. 5.000,-/orang, serta Dewasa dan Mahasiswa Rp.10.000,-/orang

Sebagai bangunan cagar budaya yang memiliki keindahan arsitektur bangunan stasiun, museum ini juga dilengkapi koleksi lokomotif dan benda bersejarah terkait dengan operasional kereta api.

Selain koleksi lokomotif uap yang terpanjang sebagai monumen cagar budaya, para pengunjung juga dapat menikmati perjalanan wisata dengan menaiki Kereta Api Wisata rute Ambarawa-Tuntang, pp dengan lokomotif penarik jenis lokomotif uap maupun kereta diesel vintage. Kereta Wisata Reguler berjalan hari Sabtu pkl 11.00, 12.00, 14.00 WIB (Lok Diesel + 3 Kereta Kayu ) dan hari Minggu pkl 10.00, 12.00, 13.00, 14.00 WIB (Lok Diesel + 3 Kereta Kayu) dengan harga tiket Rp. 50.000,-/orang (kurang dari 3 tahun GRATIS). Kapasitas per sekali perjalanan 120 orang.

Salah satu lokomotif yang ada di museum kereta api

Selain menjadi sarana pengetahuan sejarah kereta api dan konservasi, museum ini juga merupakan sarana pengetahuan dan rekreasi bagi para wisatawan domestik dan mancanegara.

Bagi umat muslim, jangan khawatir yah, di Museum ini juga dilengkapi dengan Mushola yang bersih dan nyaman. Jadi, jangan khawatir.. Kita tetap bisa menjalankan kewajiban kita untuk Sholat disaat piknik.hehe

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here