Sensasi Berwisata ke Pulau Terkecil di Dunia

0
15
Keindahan pulau Simping yang mempesona

Singkawang: Pulau simping, begitulah nama sebuah pulau kecil yang indah di Kota Singkawang yang dikenal sebagai pulau terkecil di dunia. Kalau sudah membahas pulau yang satu ini rasanya sedikit binggung untuk memulai cerita dari mana. Yups, karena sepanjang perjalanan menuju pulau yang satu ini terasa sangat “unik”,

Kenapa begitu, karena letak pulau yang satu ini agak tersembunyi, buktinya : (1) Tidak terdapat plang penunjuk ke lokasi pulau simping dari jalan utama Kabupaten Mempawah menuju Kota Singkawang, alhasil banyak teman-teman saya yang gagal menemukan pulau indah yang satu ini. (2) Sinyal jaringan komunikasi sangat terbatas, sehingga bagi yang menggunakan goggle maps akan sangat kesulitan.

Saat sampai disini tak henti-henti berucap “subhanallah” sebagai bentuk syukur dapat melihat maha karya dari sang pencipta, kenapa begitu? yuk kita ulas sedikit demi sedikit dan pasti ulasan saya tidak mampu menggambarkan sepenuhnya keadaan yang ada. Mulai dari pasir putihnya, pulau simping dikelilingi pasir putih yang bersih dan indah, dan kejauhan dapat terlihat putihnya pasir yang dipadukan dengan birunya air laut. Wow, menakjubkan.

Bagi yang ingin berenang dan memancing disinipun bisa. Buktinya bagi yang mau berenang, disini ombaknya sangat bersahabat bagi keluarga karena ombak yang terbilang “kalem” dan tidak “berapi-api”, hahahaha kemudian bagi yang memancing buktinya, saat saya kesana ada orang yang sedang memancing baik menggunakan perahu kecil maupun yang memancing tanpa menggunakan perahu alias menenggelamkan sebagian badannya. ups tapi tak perlu takut tersapu ombak “kalem”, ada banyak pula batu-batu besar yang dapat dijadikan pijakan saat memancing.

Sungguh pemandangan yang indah, bagaimana tidak. Mulai dari pulau terkecil di dunia, disandingkan pasir putih dan birunya air laut, kemudian ditaburkan batu-batu besar yang menjulang sampai ke permukaan air laut yang dikelilingi indahnya bukit-bukit indah disekitar pulau simping, dan dari kejauhan terlihat pulau-pulau yang belum tahu namanya, hehehe, lupa nanya. Mungkin bagi temen yang tahu namanya bisa dishare di sini.

Salah satu hal yang menjadikan lebih indah adalah banyaknya pohon rindang di sekitar lokasi wisata yang digunakan untuk berteduh wisatawan seraya menikmati pemandangan menakjubkan ditambah sruput es kelapa muda yang dijual disekitar lokasi wisata. Bagi para pengunjung, harap tenang karena mungkin dibenaknya ditempat ini banyak wisatawan justru disini sangat sepi pengunjung.

Nah, bagi temen-temen yang lelah dengan perjalanan menuju tempat ini, puas berselfie, atau yang capek karena berenang saatnya deh menikmati pemandangan dengan sruput es kelapa yang dijual pedagang sekitar. Itung-itung menambah pemasukan pedagang sekitar, hehehehe.

Di sekitar area wisata pulau simping terdapat patung elang raksasa dan terdapat 12 patung shio. Patung-patung tersebut sengaja dibangun mungkin untuk tujuan tertentu atau hanya agar menambah eksotisme tempat wisata.

Tapi sayangnya lokasi wisata ini sudah tidak dikelola dengan baik. Padahal jika dikelola dengan baik saya yakin pasti akan mengundang banyak wisatawan domestik atau mancanegara. Terbukti saat saya kesana ada wisatawan mancanegara asal Taiwan sedang berkunjung.

Jarak pulau simping dari bibir pantai sekitar 100 meter. Jarak 100 meter ini sebenarnya sudah dihubungkan dengan adanya jembatan, namun sayangnya jembatan ini rusak dan belum diperbaiki. Padahal jembatan ini salah satu cara masyarakat menuju pulau simping untuk melakukan ibadah, karena disana terlihat dari kejauhan sebuah tempat ibadah.

Oiya ya yang gak kalah penting!!! bagi wisatawan yang berkunjung ke lokasi wisata pulau simping cukup membayar tiket 25 ribu per orang dan parkir 5 ribu jika menggunakan mobil.

How to get there!
Lokasi wisata pulau simping terletak si sedau Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang. Jika berasal dari Pontianak atau Mempawah maka lokasinya jalan masuknya berada di kiri jalan utama dan belum memasuki Kota Singkawang. Jika dari Sambas atau Kota Singkawang maka jalan masuk lokasi wisata berada di sebelah kanan.

Seperti yang saya ungkap di atas, terdapat hal-hal yang menambah sensasi petualangan menuju pulau ini dan ini akan sangat menyenangkan bagi para pengunjung yang punya “jiwa petualang”, mulai dari sebagian jalan yang belum teraspal, kontur jalan yang tidak rata, jalan yang becek, tidak adanya petunjuk jalan mulai dari jalan utama Kota Mempawah – Kota Singkawang sampai di dalam desanya pun tidak terdapat plang petunjuk arah ke pulau indah ini.

Hahahaha, apakah sudah mulai tertarik atau justru menjadi ragu untuk menuju pulau yang indah satu ini? Tapi tenang saja, google maps sudah menjangkau tempat ini, Cuma pastikan dulu pake jaringan komuikasi yang bagus, biar bisa dipandu “pak maps”, kalau bisa sih pake produk dalam negeri yang sahamnya masih dikuasai negara jangan produk luar negeri karena selain wisata kita juga belajar mencintai karya anak negeri. Hehehe belajar jadi warga negara yang baik. Oke?

Kalau terpaksa tidak mendapat jaringan seluler, sebagai petualang sejati, kawan-kawan bisa deh tanya warga-warga sekita karena sepanjang jalan menuju lokasi pulau simping sudah banyak penduduk yang bermukim.

Jadi tunggu apalagi, yuk travelling, wisata, sekalian belajar sejarah di pulau terkecil di dunia.

– Saran
Mohon fasilitas menuju dan di areal wisata pulau simping ditambahkan dan diperbaiki
Bagi pengunjung, jangan buang sampah sembarangan. (Ahmad Mustaqim)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here