Pesona Api Abadi Mrapen

0
104
Api abadi Mrapen via Tribun Jateng

Grobogan: Bukan Cinta saja yang abadi, Api juga ada yang abadi lhoh…hihi

Bagi sebagian masyarakat yang belum tahu, pasti bertanya-tanya. Apa sih Api Abadi itu? Bukannya api abadi hanya ada di neraka?. Baiklah, saya mau menjelaskan.

Api Abadi bukan hanya ada di Neraka lhoh, di Dunia ini juga ada Api yang Abadi, yaitu salah satunya “Api Abadi MRAPEN”. Lokasi ini terletak di Jalan Semarang-Purwodadi KM.37 Kecamatan Godong kabupaten Grobogan. Yaah kalau dari rumah ku jalan kaki 10 menit sampai. Cukup dengan merogoh kocek Rp 2500 pengunjung bisa melihat fenomena alam yang langka ini. Murah bukan?

Di tempat wisata ini, tidak hanya Api Abadi lhoh, tetapi juga ada Sendang Dudo dan Batu Bobot. Ini semua adalah peninggalan sunan Kalijaga. Konon ceritanya, pada zaman dahulu saat perjalanan bersama rombongan, sunan Kalijaga lelah dan beristirahat sejenak di Hutan. Karena Beliau beserta rombongan haus dan lapar, Beliau menancapkan tongkatnya ke dalam tanah lalu mengangkatnya dan atas izin Allah SWT muncul lah api yang digunakan untuk memasak segala hasil bumi yang mereka bawa.

Api itu masih abadi sampai sekarang dengan sebutan “Api Abadi Mrapen”. Tidak butuh Minyak tanah & korek api untuk melihat api Abadi Mrapen. Cukup dengan meletakkan kertas / dedaunan di atas batu (yang menutupi pusat api abadi) pengunjung bisa langsung melihat keajaiban langka ini.

Beliau dan rombongan juga membutuhkan air, untuk itu beliau pun menancapkan tongkatnya ke dalam tanah lalu mengangkatnya dan atas izin Allah muncul lah air dari tanah tersebut. Pusat air ini oleh masyarakat disebut “Sendang Dudo”. Dahulu, warna air di Sendang ini jernih, tetapi karena sering digunakan untuk mencuci keris, sekarang berubah warnanya menjadi Hijau. Air pada Sendang ini menggelembung-menggelembung (orang jawa bilang : mblutuk-mblutuk) seperti air mendidih. Tetapi tidak panas, melainkan dingin seperti air biasa.

Karena terlalu berat membawa batu, Sunan Kalijaga meletakkan Batu tersebut di tempat itu. Oleh masyarakat Batu tersebut disebut “BATU BOBOT”. Konon, orang yang bisa mengangkat Batu tersebut akan tercapai impiannya. Mitos/Fakta Wallahu A’lam.hehe

Karena pesona “Api Abadi Mrapen” yang langka ini, banyak pengunjung yang datang, baik dari dalam maupun luar negeri. Api Abadi Mrapen ini juga digunakan untuk even penting lhoh, contohnya Api Abadi diambil untuk pembukaan ASIAN GAMES tahun 2018 ini.

Pada pembukaan ASIAN GAMES tahun ini, api abadi Mrapen diambil oleh petinggi negara dan dijadikan satu dengan Api yang berasal dari India. Dahulu, api abadi ini juga digunakan even untuk PON (Pekan Olahraga Nasional) , Sembahyang & memperingati hari besar orang-orang yang beragama Budha, serta even-even penting lainnya. Hmmm.. Keren bukan?

Karena ramainya pengunjung Domestik maupun Manca Negera, Mrapen juga bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk mengais rezeki dengan berjualan snack ringan, makanan, dan minuman. Di Mrapen juga disediakan Pendopo yang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak, melepas lelah.

So, kapan kalian ke Mrapen?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here