Mie Tarempa, Mie Goreng Khas Kepulauan Riau

0
42 views
Foto via ksmtour.com

Kemanakita.id – Siapa yang nggak kenal kepulauan Riau? Ya, kepulauan Riau merupakan provinsi ke 31 yang terbentuk, hasil dari pemekaran dari Provinsi Riau. Soal kuliner, kepri (biasa disingkat) banyak banget santapan yang mesti dicoba salah satunya adalah Mie Tarempa.

Kalau sekedar dilihat sekilas, mie tarempa seperti mie goreng atau mie kuah pada umumnya namun kalau dicicip kalian akan merasa ketagihan akan tekstur lembut dari mie dan keunikan rasa khas olahan asal kepri ini.

Saat itu saya mencoba kuliner ini di kota Batam, dan terkejut juga setelah saya tahu dari beberapa sumber termasuk rekan saya. Ternyata nama tarempa itu berasal dari suatu pulau di Kepulauan Natuna yang disebut Pulau Tarempa. Padahal pulau ini jaraknya begitu jauh dari kota batam, yaitu diujung perbatasan laut Cina Selatan.

Mie tarempa dapat disajikan dengan kuah atau basah, bisa juga lembab atau nyemek (Jawa) dan kering. Dan umumnya mie ini dihidangkan beserta daging sapi dan babat sapi. Jika kalian singgah di kota Batam atau Tanjung Pinang atau kepulauan Riau lainnya silahkan cicip mie tarempa karena hampir semua warung di kepri menjual mie tersebut.

Facebook Comments
Baca Juga  Menikmati Lezatnya Daging Kaki Domba di Mounton Slince and Grill

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here