Tahu Nggak? Satu titik Lokasi di Tepian Muara Pantai Congot Pesonanya Mirip di Bali

0
15 views

Mendengar nama pantai Congot memang sudah tidak asing di telinga orang Purworejo dan Yogyakarta. Ketika aku duduk di bangku Sekolah Dasar, tempat wisata yang berada di Kulon Progo Yogyakarta ini adalah tempat favorit piknik di hari Minggu.

Pesona keindahan pantainya dan jarak tempuh yang dekatlah yang menjadikan alasan kenapa memilih pantai Congot untuk berlibur. Dari pusat kota Purworejo hanya dibutuhkan waktu tempuh 45 menit.

Dulu memang sangatlah berkesan dan wajib bangga jika anak SD sudah pergi ke pantai Congot. Selain naik angkot yang nunggunya lama banget karena hanya ada beberapa saja dan masih harus berjuang jalan kaki dari pangkalan terakhir angkot sampai ke pantai kadang jadi cerita konyol dan membanggakan kepada teman-teman di sekolah. Ketika aku berkunjung ke sana waktu kecil, banyak menjumpai hal yang memukau.

Di bibir pantai kita dapat menikmati ikan paus menyemburkan air lalu kejar-kejaran dengan ikan paus yang lain. Di muara kita dapat menikmati ikan hiu yang melompat tinggi mengejar mangsanya. Kadang terlihat juga hanya siripnya saja yang berenang begitu cepat. Benar-benar sesuatu yang harus aku kagumi keindahannya menurutku.

Membicarakan waktu dulu memang terkadang membuat rindu. Bagaimana tidak, sekarang semuanya sudah berubah. Eksistensi ikan predator-predator itu sudah tidak dapat kita lihat. Jangankan eksistensi ikan predator, keindahan pantainya pun tak lagi dapat kita nikmati. Dibangunnya usaha tambak udang yang begitu banyak, belum lagi suara mesin dieselnya yang bising sungguh benar-benar membuat rasa nyaman hilang.

Keadaan pantai Congot sekarang memang jauh dari harapan. Tapi jangan berkecil hati dulu. Jika kita ingin sedikit saja berjuang jalan kaki dan berani kotor-kotoran menyusuri muara menuju sungai, kita akan menjumpai titik lokasi yang mempunyai pesona luar biasa.

Baca Juga  Goa 100 Air Terjun, Keindahan Alam Berbalut Petualang

Berjalanlah dari muara pantai Congot menuju ke atas menyusuri sungai, kurang lebih 150 M. Kita akan disuguhi pemandangan menarik. Nyiur yang tertata rapi ditepian sungai berpasir, kemudian hamparan pasir yang luas kemerlap, udara yang sejuk, dan ikan-ikan kecil yang berlarian benar-benar akan memanjakan kita seperti wisata ke Bali. Apalagi untuk berfoto, titik lokasi ini sungguh luar biasa.

Foto di tepian sungai ini serasa berada di daerah pantai Bali. Banyak anggel menarik untuk diabadikan.

Untuk yang lagi rindu dengan masa kecil ke pantai Congot boleh mencoba datang ke satu titik di tepian pantai tadi. Masih ada beberapa pesona pantai yang dapat kita nikmati. Jangan khawatir karena kecewa.

Mungkin sampah yang sedari dulu belum mampu untuk ditanggulangi dengan baik, akan memberikan rasa risih di mata. Penasaran, ayo silahkan susuri tepian sungai pantai Congot, jangan takut kotor dan basah karena memang butuh perjuangan untuk sampai di lokasi tersebut. Rasakan, kalian akan merasa benar-benar di Bali jika sudah duduk di sana.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here