Menikmati Segarnya Dawet Jembut Purworejo

0
72 views
Penjual dawet Jembut

Siang itu begitu jenuh di rumah, memang aktivitas keseharianku hari biasa jam 9 pagi kalau di Jakarta aku sudah sibuk menyiapkan materi untuk live. Namun, waktu itu Selasa 23 Februari 2016 aku sedang cuti dan mudik ke kampung halamanku tercinta. Ya, Purworejo namanya. Kata orang sih kota pensiunan, walaupun sudah tercap sebagai kota pensiunan namun jangan sangka di balik semua itu potensi yang ada di Purworejo sangat beragam, baik dari wisata alam, budaya, dan kulinernya.

Nah berbicara kuliner, saat aku mulai jenuh di rumah, dan cuaca Purworejo begitu panas memang cocoknya minum yang segar-segar. Okeh lah aku memutuskan untuk mencari minuman khas Purworejo yaituuu…DAWET IRENG…pasti kalau orang Purworejo atau yang pernah lewat Purworwjo sudah paham dengan minuman khas Purworejo itu.

image

Gak berfikir panjang, aku langsung memutuskan untuk goo ke dawet ireng yang cukup terkenal yaitu Dawet Jembut. Jangan berpikiran aneh dengan kata Jembut, jembut itu sendiri singkatan dari Jembatan Butuh. Kenapa disebut dengan jembut, karena lokasi pedagang dawetnya berada di samping jembatan butuh, kabupaten Purworejo. Tepatnya berada di pinggir jalan jalur utama Kebumen-Purworejo.

Aku memang baru kali ini datang dan mencicipi dawet hitam yang berada di jembut ini, namun sudah sering minum dawet ireng yang lain, di Jakarta pun juga sudah mulai banyak yang jual dawet khas Kota pensiunan ini. Sesampai di lokasi aku tidak berlama-lama dikendaraan dan langsung memasan, uhuyy…segernya dan cita rasanya yang khas dengan bahan alami dalam pembuatanya. Atas dasar itulahh minuman ini banyak disukai banyak orang terutama orang Purworejo.

Warna hitam dari dawet ini terbuat dari oman (batang padi) yang dibakar dan kemudian dicampur dengan tepung sagu. Tentu saja rasa manis legitnya terbuat dari gula jawa. Pertama kali mencoba dawet jembut itu rasanya mantab dan manisnya wuiihh legit dengan citarasa gula jawa alami. (Choiril)

Facebook Comments
Baca Juga  Lara Djonggrang, Restoran Asri nan Tradisional di Tengah Ibu Kota

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here