Perjalanan Menikmati Keindahan Bukit Kasih, Kamu Harus Coba!

0
69 views

Kemanakita.id – Kamu pasti sering mendengar semboyan torang samua basudara. Nah semboyan ini seolah mengingatkan kita untuk selalu hidup berdampingan walaupun berbeda suku, ras, dan agama, dan ternyata semboyan ini terwakili dalam sebuah bentuk tempat destinasi wisata bukit kasih, kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Kehadiran saya di bukit kasih langsung disambut oleh sebuah menara tinggi berbentuk segi lima, tugu ini bernama tugu toleransi.

Nah tugu toleransi ini memiliki tinggi sekitar 20 meter dan merepresentasi 5 agama lewat ayat suci dan simbol masing masing agama. seperti tulisan injil Matius yang merepresentasi agama kristen, lalu kemudian di sebelahnya ada kutipan surat Almaidah yang merepresentasi agama Islam. begitu pula disampingnya ada agama lain yakni Katolik, Hindu, dan Budha.

Puncak tugu toleransi

Apa yang menjadi daya tarik di destinasi ini ialah puncak bukit kasih yang berada di kaki Gunung Soputan yang selalu menjadi tujuan utama para wisawatawan, baik domestik, maupun mancanegara.

Untuk sampai ke puncak, kurang lebih ada sekitar 2000 anak tangga yang harus dilewati. dan ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebulum naik, yakni pastikan kenakan pakaian yang nyaman, alas kaki yang sesuai, dan pastinya stamina. Membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 30 menit guy, tapi selama perjalanan dedaunan hijau senantiasa menemani sehingga kamu tak akan bosan.

Saat dalam perjalanan saya bercengkerama dengan pemandu:

Jason : Bu, ini kita sudah seberapa perjalanan?

Ibu Ola : Ini kita sudah 1/3 perjalanan. masih ada 900 anak tangga lagi kurang lebih.

Jason : Baik guys, perjalanan masih panjang

Ibu Ola : Ayo,, oma saja yang sudah tua masih kuat

Di tengah perjalanan kita melewati batu pertama yang ada di bukit kasih. Peletakan batu pertama ini dilakukan oleh Jemaat GMIM bukit Sion Kanonang di tahun 1998 saat namanya belum bukit kasih, yakni masih bukit doa kala itu.

Baca Juga  Trip Lombok Murah Cuma 2 Jutaan (Part 2)

Setapak demi setapak saya menaiki anak tangga menuju bukit kasih. Ada beberapa hal menarik yang saya temukan, tak hanya tugu toleransi, batu pertama dan suguhan pemandangan indah, namun juga bentuk kebudayaan lain lewat wujud bahasa.

Karena di sini memang kawasan kawah belerang, maka tak heran kalau di kiri kanan saya banyak kawah belerang., dan aroma atau bau yang dimunculkan dari belerang ini sangat tajam bahkan ketika kita sudah sampai di puncak bukit kasih pun masih berasa baunya.

Yang membuat saya takjub, ternyata di tebing menuju Puncak Bukit Kasih terdapat pahatan wajah leluhur rakyat Minahasa guys. Pahatan wajah toar dan lumimuut yang mana mereka adalah leluhur rakyat Munahasa. uniknya pahatan wajah mereka dibuat bukan oleh rakyat Minahasa namun orang Sumatera dan Bali.

Toar gambar wajah leluhur suku Minahasa (sulutpos.com)

Yeayy lebih dari 2000 anak tangga berhasil saya tapaki dan tibalah saya di atas dimana segala keindahan alam Minahasa dari berbagai sudut bisa saya nikmati. Di puncak bukit kasih ini terdapat 6 tempat ibadah yakni gereja katolik dan kristen, masjid, pura, vihara, hingga kuil untuk agama konghucu yang paling baru dibangun.

Jason : Mas ini dulu kan namanya bukit doa trus sejak kapan jadi bukit kasih dan kapan berubahnya?

Nando : Ya karena ada peristiwa tahun kasih di 2004 makanya namanya diganti jadi bukit kasih. tadinya ada 5 tempat ibadah, namun sejak tahun lalu sudah ada kuil untuk agama konghucu.

Jason : kenapa mas akhirnya kuil ini di bangun juga?

Nando : ya karena saat orang komnghucu datang kesini, mereka melihat belum ada rumah ibadah mereka, lalu mereka meminta agar juga dibangun agar mereka yang ingin datang kesini bisa beribadah.

Baca Juga  Nasgor Pink Yang Feminim

Puas menikmati keindahan alam dan melihat rumah ibadah yang ada di bukit kasih, para pengunjung yang pegal pegal bisa memanfaatkan jasa pijat dengan air belerang yang diambil langsung dari kawah belerang. Tapi jangan takut karena nantinya air belerang ini akan dicampur dengan air suhu normal sehingga tidak terasa sangat panas. Warga sekitar percaya dengan memijat menggunakan air belerang mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti terapi asam urat dan bahkan stroke.

Asap belerang bukit kasih (paketwisatamanado.co.id)

Nah itulah perjalanan saya di bukit kasih. semoga perjalanan saya kali ini bisa menginspirasi kamu untuk menentukan mau kemana kamu bersama keluarga.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here