Melihat Indonesia Lebih Dekat di Vihara Tri Dharma Bumi Raya Pemangkat

0
86 views
Vihara Tri Dharma Bumi Raya Pemangkat

Kemanakita.id – Bergabung menjadi bagian dari salah satu intansi pemerintahan membuatkan “melek” akan Indonesia. “Indonesia bukan hanya Jawa” kata salah satu temanku. Saat ini saya berada di ujung utara Indonesia, sudah dekat dengan perbatasan Indonesia – Malaysia. Kami sering memanfaatkan akhir pekan untuk mengenal Indonesia lebih dekat. Kali ini, saya berkunjung ke salah satu vihara di kaki Gunung Gajah di Pemangkat, Sambas, Kalimantan Barat. Tempat ibadah ini boleh dikunjungi siapapun dari agama apapun dan etnis apapun. Vihara tersebut bernama Vihara Tri Dharma Bumi Raya Pemangkat.

Vihara Tri Dharma Bumi Raya Pemangkat
Vihara Tri Dharma Bumi Raya Pemangkat

Kota Pemangkat adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat. Mayoritas penduduk kota ini adalah Tionghoa dan Melayu. Pemangkat kota yang cukup menawan. Melalui vihara ini kita bisa menikmati kota, gunung, laut, dan sungai. Perjalanan dapat ditempuh dalam waktu satu jam dari Kota Singkawang. Jalannya pun sudah halus dan tidak berkelok-kelok.

Nah, kalau dilihat dari peta, sepanjang jalan menuju Pemangkat dari Pontianak adalah pesisir laut. Ada beberapa tempat wisata di kota ini. Simak sejarah kota Pemangkat dan tempat wisata di link ini https://id.wikipedia.org/wiki/Pemangkat,_Sambas.

Vihara Tri Dharma Bumi Raya Pemangkat

Vihara ini terletak di kaki Gunung Gajah. Viharanya ada yang di bawah dan ada yang di atas. Pintu masuk tepat berada di dekat Kota Pemangkat. Kita bisa memarkir kendaraan di halaman vihara tersebut. Seperti orang bertamu lainnya jangan lupa “kulo nuwun” atau permisi. Yaaah…saya kesitu hanya ingin foto-foto saja. Banyak lokasi menarik di Vihara ini untuk melakukan pemotretan hehehehe.

Ada tangga penghubung menuju lokasi vihara yang ada di atas. Kita akan menemukan ornamen-ornamen menarik khas negeri Tionghoa. Kita boleh foto-foto di lokasi tersebut. Ada beberapa orang yang sedang berolah raga dengan naik turun tangga, karena tangga menuju lokasi vihara yang ada di atas cukup tinggi.

Vihara Tri Dharma Bumi Raya Pemangkat

Vihara bagian atas ada tempat khusus untuk ibadah dan ada kursi-kursi untuk menikmati segarnya udara di lereng gunung sambil menikmati pantai, laut, sungai, dan ramainya kota Pemangkat. Pemandangan yang indah dapat dinikmati dengan mata telanjang dan bisa diabadikan menggunakan kamera.

Bolehlah mampir sewaktu-waktu ketika kita sedang melakukan perjalanan ke Sambas ataupun sekedar menyempatkan sejam dua jam untuk mengenal Indonesia lebih dekat. (Tri Juniati Andayani)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here