Berkunjung dan Mengenal Masjid Kuno Bayan Beleq

0
172 views

Kemanakita.id – Eksotisme pulau Lombok tak bisa dibantah lagi, pulau Lombok menyandang status sebagai salah satu destinasi wisata halal dunia dua kali berturut-turut, tak bisa dipungkiri juga karena mayoritas masyarakat Lombok memeluk agama Islam dan salah satu ajaran yang masih sangat saya ingat adalah ajaran tentang Wektu Telu. Secara garis besar masyarakat Lombok dahulu mewakilkan urusan ibadah kepada satu imam untuk melakukan sholat, puasa dan urusan ibadah lainnya. Namun hal tesebut sudah tidak dilakukannya lagi, urusan ibadah menjadi urusan dan tanggung jawab pribadi masing-masing.

Ciri khas yang unik dari pulau Lombok tentang Islam adalah jika diperhatikan nama-nama jalan di pulau ini menggunakan tiga 3 huruf dari 3 bahasa pertama bahasa Indonesia atau huruf kapital kedua huruf hijaiyah atau huruf arab dan ketiga huruf sasak atau bahasa Sasak dan yang paling unik dan terunik adalah adanya masjid yang telah berdiri pada abad ke-17, yang berarti usianya telah lebih dari 300 tahun, Masjid Kuni Bayan Beleq.

Dinamakan masjid Kuno Bayan karena ini adalah masjid tertua di Lombok dan telah menjadi salah satu situs bersejarah yang ada di Indonesia. Masjid yang dibangun pertama kali di Lombok yang bertepatan di daerah Bayan ini pertama di bangun oleh Ki Gaus Abdul Razak yang juga penyiar agama pertama di pulau Lombok, berasal dari Baghdad dan dibantu oleh salah satu wali Allah di Jawa yaitu Sunan Ampel. Kecamatan Bayan memang salah satu gerbang masuknya Islam di pulau Lombok, maka Masjid inilah yang dibangun pertama kalinya.

Masjid ini 80 persen terbuat dari kayu bambu yang atapnya berbentuk tumpang dan disusun pula dengan bilah bambu, sedangkan fondasi lantainya terbuat dari batu-batu kali. Sementara itu, lantai masjid terbuat dari tanah liat. Sekarang ini masjid kuno Bayan Beleq tidak lagi difungsikan sebagai tempat ibadah karena dikhawatirkan akan rusak, namun masjid ini digunakan saat ada acara-acara keagamaan misal seperti Maulid Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga  Berwisata Sekaligus Belajar Layang Layang di Museum Layang Layang

Aksesnya sangat mudah banget bagi kalian yang belum pernah kemari, karena lokasi masjid ini sangat berdekatan dengan jalan raya desa Bayan. Dari Mataram kita ambil jalur ke arah Senggigi – Pemenang – Gangga – Bayan. Kalian bisa sewa motor sewaan dari Mataram. Oh iya jalur ini juga yang dilalui oleh para pendaki Rinjani, karena desa Bayan ini berdekatan dengan desa Senaru dan kira-kira 4 jam waktu yang harus ditempuh dari Mataram.

Teman-teman begitu istimewanya negara kita Indonesia, dari keanekaragaman suku agama dan bahasa, salah satu peninggalan budaya adalah arsitektur masjid ini, bangunan ini menjadi salah satu saksi bisu tentang kebudayaan di negara kita yang beraneka ragam. Maka masjid kuno Bayan Beleq inilah Cagar Budaya yang harus dan wajib dilindungi dan dijaga kelestariannya.

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here