Berwisata Sekaligus Belajar Layang Layang di Museum Layang Layang

0
8 views
Foto: http://earthkaleidoscope.blogspot.co.id/2010/06/museum-layang-layang-indonesia.html

Kemanakita.id – Ayo kita berkunjung ke museum layang layang! Namun Sebelum memasuki museum, anda harus membeli tiket masuk terlebih dahulu pada loket yang berada di dalam pelataran museum. Dengan membeli tiket masuk sebesar 15 ribu rupiah, anda sudah dapat menonton video, membuat layang-layang kertas, serta berkeliling melihat koleksi layang-layang yang ada disini.

Berlokasi di Pondok Labu, Jakarta Selatan, museum yang didirikan pada 21 maret 2003, oleh Endang Ernawati ini, memiliki beberapa bangunan. Seperti bangunan yang terdapat disamping loket ini, digunakan untuk menyaksikan video layang-layang. Ternyata bukan saya saja yang mengunjungi museum saat itu. Ada rombongan anak dari taman kanak-kanak yang juga sedang berkunjung ke museum layang-layang. Setelah menyaksikan video sejarah dan festival layang-layang, saya bersama rombongan anak-anak ini, diajak untuk membuat serta mewarnai layang-layang kertas, di sebuah pendopo berlantai merah.

Selesai membuat dan mewarnai layang-layang kertas, kami bersiap berkeliling untuk melihat-lihat koleksi layang-layang, yang berada di ruangan tidak jauh dari pendopo. Di dalam ruangan pameran, terdapat berbagai jenis layang-layang tradisional dan mancanegara. Seperti dari sebelah kiri pintu masuk, terdapat layang-layang yang berasal Jawa Timur dan Bengkulu.

Selain itu di lorong ruangan pameran, berjejer pula koleksi layangan yang berasal dari berbagai negara seperti Malaysia, Cina, hingga Italia.  Asep berharap dengan adanya museum layang-layang ini, dapat kembali memperkenal serta mengajarkan anak-anak tentang permainan tradisional layang-layang.

Selain itu, di tempat ini juga menerima pesanan pembuatan layang-layang besar yang biasanya digunakan untuk festival ataupun koleksi pribadi. Museum ini buka setiap hari, mulai dari Pukul 9 pagi hingga 4 sore. (Ria Rahmawati)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here